Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akses Local Web Server Dengan Ngrok


Ngrok adalah multiplatform tunnelling, sebuah reverse proxy software yang mampu membuat sebuah local server menjadi public. Ngrok berbasis open source, kita bisa memodifikasinya sesuai kebutuhan. Source code-nya dapat diakses di Github. Ngrok ini cukup membantu saya saat sedang ada project ataupun sekedar mengerjakan tugas.

Apa Kegunaanya ?

  1. Demo tanpa mendeploy, Anda punya program lalu ingin ditest tanpa harus repot-repot menaruh file di server hosting? ngrok inilah salah satu pilihannya, dengan ngrok kita dapat secara langsung menunjukan hasil program yang ada di komputer / localhost ke komputer client melalui internet.
  2. Mempermudah pengujian di perangkat mobile, Program yang kita selesaikan kadang perlu diuji dibeberapa perangkat mobile untuk memastikan apakah program dapat berjalan baik.
  3. Membuat jaringan private, Ya dengan ngrok ini, Anda mempunyai jaringan private untuk menjalankan layanan personal cloud yang fungsinya untuk mensinkronisasi file, menjalankan webmail dari hardware Anda secara aman menggunakan end-to-end encryption.

Apa yang harus di siapkan ?

Pertama Anda harus siapkan beberapa pendukung seperti :
  1. Internet akses
  2. XAMPP atau WAMPP atau sejenisnya.
  3. File Ngork, Anda bisa download disini filenya https://ngrok.com/download

Bagaimana Caranya ?

Setelah di download, extrack file tersebut ke dalam drive C: .Dan pastikan web server XAMPP atau WAMP Anda sudah aktif.


Setelah itu Anda tekan [SHIFT + Klik Kanan] dan pilih [Open command window here] maka akan di arahkan ke cmd pada jalur tersebut.

Selanjutnya ketik di cmd dengan perintah [ngrok]. Mungkin ini gambarannya :


Untuk menjalankan silahkan Anda ketik di cmd [ngrok http 80] jika tidak ada error tampilannya akan seperti di bawah gambar ini :


Sampai disini Anda sudah berhasil menjalankan ngrok, ngrok menyediakan real time web user interface untuk memeriksa traffic dari file yang di akses. Silahkan Anda ketik di browser dengan URL http://localhost:4040 jika tidak ada masalah, tampilannya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


Setelah itu Anda klik salah satu subdomain tersebut untuk di alihkan ke halaman webroot dan halaman sebelumnya akan di alihkan ke http://localhost:4040/inspect/http untuk melihat traffic dari file yang diakses. di bawah ini gambarannya :


Selesai sekarang webroot Anda telah di forwading oleh ngrok untuk di akses public dengan subdomain tersebut. ini gambaran nya :


Kesimpulan


Dari cara yang tadi itu mudah untuk di praktekan dengan mengulik saja sudah langsung paham alurnya. hehe. Tapi untuk lengkapnya silahkan ke link ini https://ngrok.com/docs

Dan sayangnya ngrok ini harus membayar untuk nama subdomain tetap. Karna ketika Anda meng-akhiri ngrok dan menjalankannya lagi, subdomin dari ngrok tersebut suka berubah-ubah. Jadi sangat tidak di rekomendasikan untuk dipublikasikan secara global. Tapi kalau Anda membelinya mungkin ini pass untuk bahan belajar atau lainnya.

Itulah pembahasan singkat mengenai Cara Membangun Web Server Public Dengan Ngrok. Apabila ada kesalahan dalam penulisan dan ketidak sengajaan mohon di maafkan. Semoga ini bisa berguna dan bermanfaat.

6 comments for "Akses Local Web Server Dengan Ngrok"

  1. br tau klo ada yg bsa diginiin. thanx bro

    ReplyDelete
  2. trmksh informasinya ya, syng skli ya trnya web server dg ngrok ini harus mmbyr untk nama subdomain ttpnya Krn ktka kita meng-akhiri ngrok dan menjalankannya lagi, subdomin dari ngrok tsb suka berubah-ubah. Jadi sangat tidak di rekomendasikan untuk dipublikasikan secara global.
    Kunjungi website sy ya: https://yuliyani.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Dan kunjungi website kmps sy: http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  3. file css saya ga kebaca gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika tidak terbaca mungkin path include file css kagak bener

      Delete